Entri Populer

Minggu, 17 Juli 2011

Pelayanan Nabi(Prophet)


PELAYANAN NABI

Pendahuluan
Ø  Dan Ia memberikan kepada orang pelayanan Nabi-nabi Efesus 4 : 11
Ø  Allah telah menentukan dalam gereja ...  kedua Nabi-nabi. I Kor. 12 : 28
Ø  Adakah semuanya Nabi-nabi. I Kor 12 : 29.
Sama seperti pelayanan Rasul, pelayanan Nabi adalah satu pelayan yang banyak tidak dimengerti bahkan selau diperdebatkan. Sebagian menganggap bahwa pelayanan Rasul dan Nabi terbatas sampa pada zaman P.B. Dan juga dilain pihak terdapat kesalahan pengertian mengenal pelayanan dan fungsi Nabi P.B bila dibanding dengan Nabi P.L.
Dalam suratan Paulus kepada jemaat di Korintus dan di Efesus, jelas menunjukkan bahwa Allah menetapkan bagi gereja. Rasul-rasul dan Nabi-nabi sampai gereja mencapai kedewasaan dan persatuan. Gereja memerlukan pelayanan nubuatan (Nabi-nabi) sekarang ini. Salah satu tanda akhir zaman adalah nubuatan akan datang sebagai pencurahan Roh Kudus keatas segala daging (Yoel 2 : 28 - 32; Kisah 2 : 14 - 21).

Definisi Kata
Kamus Webster mendefinisikan nubuatan Nabi : “Prediksi masa depan dibawah bimbingan Ilahi ; tindakan atau praktek seorang nabi”.

1.       Kata Ibrani PL
Chazah            =    Menengok, menerima visi khusus, memandang dengan mata, diterjemahkan ; padang - Ayub 23 : 9, lihat Yesaya 33 : 20 nubuatan, Yesaya 30 10.
Massa              =    Beban, nyanyian khusus, nubuatan. Yesaya 13 9, Yeremia 23 33, II Taw. 20:25.
Naba                =    Bernubuat berkata-kata atau menyanyi dengan inspirasi, nubuatan dibawah pengaruh Roh Ilahi, dalam keadaan ekstasy. Yeremia 2 8, I Samuel 10 :11.
Nebuwah       =    Suatu prediksi (lisan atau tertulis) I Taw. 9:29.
Nataph            =    Jatuh bagian, titik hujan (berkata-kata dengan inspirasi. Hakim-hakim 5:4).
Jadi kata Ibrani untuk nubuatan menyandang pengertian suatu beban, suatu visi yang menggairahkan, perkataan yang diilhamkan prediksi lisan atau tertulis. Nabi adalah seorang yang berbicara atas nama Allah. Yeremia 15 19, II Petrus 1 : 20. Ia mendidik laksana mata air panas dan meledak-ledak atau berkata-kata dalam keadaan menggairahkan oleh Roh Allah.

Kata Gerika PB
Propheteuo = meramalkan peristiwa, berkata dibawah inspirasi, mewujudkan jawatan profetis, memproklamasikan Wahyu Ilahi, menubuatkan, memprediksi masa depan. Matius 15 7, Lukas 1 : 67, Yohanes 11 : 51, Kisah 2 : 17.

Hakekat Nubuatan
1.       Nubuatan sebagai Forthtelling (khotbah langsung).
Bentuk nubuatan ini ada dalam khotbah yang diurapi. Nabi berbicara atas nama Allah kepada umat Tuhan, mengkomunikasikan pikiran Allah untuk masa kini. Kadang-kadang masa lampau digunakan untuk masa kini. Nubuatan ini melibatkan peringatan, perbaikkan, Eksortasi, Edifikasi, dan penghiburan.
2.       Nubuatan sebagai Foretelling (Prediksi).
Aspek nubuatan ini adalah dalam bentuk ramalan. Nabi berbicara atas nama Allah mengkomunikasikan. Pikiran Allah untuk masa depan, seringkali masa lalu dan masa kini digunakan untuk memprediksi masa depan banyak kali tujuan demi nubuatan masa depan adalah untuk menghasilkan kesucian sekarang ini.

Jenis Inspirasi Nubuatan
1.       Roh Nubuat
Dalam Wahyu 19 : 10. Kesaksian Yesus adalah Roh Nubuat. Roh Nubuat adalah kesanggupan Roh Kudus turun keatas manusia dan membuat mereka dapat mengucapkan kata-kata yang diilhami.
a.       Adam menubuatkan tentang perkawinannya (Kej. 2:20-25)
b.      Henokh menubuatkan kedatangan Kristus II (Yudas 19, 15)
c.       Nuh adalah seorang Pengkhotbah kebenaran oleh karena Roh Kristus ada di dalam dia (II Petrus 2 ; 5, Ibrani 11: 7).
d.      Abraham dikatakan sebagai seorang Nabi. Kejadian 20:7.
e.      Ishak dan Yakub memiliki roh nubuatan tatkala mereka memberkati anak-anaknya (Kej. 27, Ibrani 11 : 20).
f.        Yusuf menubuatkan keluar dari Mesir (Kej. 50 : 24).

2.       Karunia Nubuatan
Karunia nubuatan adalah kemampuan istimewa yang diberikan oleh Allah untuk mengucapkan secara Supra Natural bahasa yang dipahami sebagaimana diilhami Roh Kudus. I Kor. 12 : 10.
Hal ini merupakan operasi Roh Kudus dalam gereja P.B yang dikerjakan dengan tuntunan Ilahi. I Korintus 14 : 3, 25, I Tes. 5 : 20. Anak-anak Pilipus adalah contoh dari karunia ini Kisah 21 : 8 - 11. Akan tetapi mereka bukanlah Nabi. Ada orang bisa bernubuatan tapi bukanlah seorang Nabi.
3.       Jawatan Seorang Nabi
Dalam Hosea 12 : 10, dan Ibrani 1 : 1. Dinyatakan bahwa Allah berbicara kepada umat-umatnya melalui pelayanan Nabi-nabi. Seorang Nabi adalah seorang yang memiliki pelayanan khusus dan Allah kepada manusia. Ia lakukan pelayanan berdasarkan “Jubah profertis” yang datang kepadanya. Nabi adalah “Suara Allah” melalui nabi, Firman Allah mengalir, apakah itu Forthtelling atau Foretelling, terdapat banyak orang dalam Alkitab yang memegang jawatan ini. Bilangan 11 : 29.
4.       Nubuatan Alkitab
Dalam II Petrus 1 : 19 - 21 kita jumpai ungkapan; nubuatan Alkitab yang dipakai berhubungan dengan kitab-kitab propetik dalam PL. OIeh karena Alkitab adalah Firman Allah yang diilhami, maka nubuatan haruslah merupakan Wahyu yang tanpa salah. II Tim 3 : 15,16. Tingkatkan nubuatan tertinggi menuntut interpretasi yang sistimatik. 3 Point diatas haruslah dipertimbangkan oleh point ke 4. 3 Point pertama itu bisa salah, tetapi yang keempat tidak bisa salah (infallible) dan tipe nubuatan ini tidak lagi diberikan masa kini, karena ke 66 kitab dalam kitab suci sudah komplit. Tidak ada yang ditambahkan pada Firman yang sudah lengkap ini. (Wahyu 22 18, 19).

Nabi-Nabi PL
Nabi-nabi P.L. dikenal dengan nama :
1.       Orangnya Allah (man of God). I Sam 9 : 6, I Raja-raja 12 : 22. Secara moral dan etika, nabi-nabi adalah orang-orang Allah yang meneladani, menyatakan dan menerangkan cara-cara Allah.
2.       Mempunyai visi (seers) lbrani 9 : 9, II Taw. 33 : 18.
Karena memiliki visi, penglihatan yang mereka terima dan Allah untuk umatNya. Nabi-nabi palsu tidak memiliki apa-apa. Yesaya 13 : 3.
3.       Penafsir (Interpreters), Yesaya 43 : 27.
Kata guru berarti : interpretes (penafsir). Nabi-nabi adalah penafsir hukum Tuhan. Mereka menerangkan sejarah bangsa dari kacamata Fiman Tuhan.
4.       Utusan Allah (Messengers of the Lord)
Nabi-nabi adalah utusan Ilahi yang diutus Allah membawa berita dari Tuhan untuk bangsa?
5.       Hamba Hagai 2 : 3
6.       Nabi - Hosea 12 : 10. Biasanya disebut nabi karena berkhotbah Firman Allah dibawah inspirasi Roh Kudus. Mereka bernubuat khotbah dan prediksi.

Klasifikasi Nabi-Nabi
1.       Nabi-nabi tidak menulis (non writing prophets).
Nabi-nabi yang tidak terlihat dalam penulisan Alkitab, tapi melayani dalam membimbing, meramal, kata-kata hikmat dan marifat. Allah menyertai pelayanan mereka dengan tanda-tanda ajaib. Contoh : Harusn, Nathan, God, Elia, Elisa, Yohanes Pembaptis. Agabus dan Silas.
2.       Nabi-nabi yang menulis (writing prophets)
Ada nabi-nabi yang diilhami oleh Roh Kudus untuk memiliki Alkitab.
II Petrus 1 : 21 Dibagi dah beberapa gaya tulisan.
-          Penulis buku-buku sejarah
-          Penulis buku-buku puisi
-          Penulis buku-buku Nabi

Kiasifikasi Nubuatan Tertulis
1.       Nubuatan Lokal. kepada generasi tertentu
Yesaya 40 : 18 : 31, Mikha 6 : 8
2.       Nubuatan Nasib bangsa-bangsa, mengenai sejarah masa depan suatu bangsa. Yeremia 30, Yeh, 27, Roma 9, 10, 11 (Israel). Yes 13 - 23, Yer 46-51, Yeh. 29-32 (bangsa kafir)
3.       Nubuatan Messias
a.       Kedatangan Kristus I. Kej. 3 : 15, Yes. 7 14, dst
b.      Gereja. Yes. 9 : 6-9, yer. 31 : 33, Yoel 2 28-32, Mal. 1 11, dst.
c.       Kedatangan Kristus II. Kej. 49 : 10, Yes. 2 : 10-22. Dan.2, Yoel 3, Zakh. 14, Mat. 24 dst.

Panggilan, Kualifikasi, Pelayanan dan Pengenalan Nabi-Nabi PB
Panggilan
Seorang Nabi, seperti Rasul dan jawatan lain harus mempunyai panggilan yang unik dari Allah. Seperti Nabi-nabi PL. Nabi-nabi PB juga harus mengetahui bahwa mereka dipanggil Allah. Dan Allah menempatkan mereka dalam gereja (Efesus 4 : 11).

Kwalifikasi
Nabi adalah salah satu dalam pelayanan lima jawatan haruslah mempunyai kwalifikasi seorang penatua (lihat persyaratan seorang penatua). Memiliki kharisma tanpa mempunyai karakter akan menjadi sasaran dan musuh umat Allah.

Pelayanan
1.       Nabi telah ditentukan untuk melayani dalam gereja PB I Korintus 12 28, 29. Sebagai salah satu dari lima jawatan gereja Efesus 4 : 11.
2.       Nabi harus memiliki roh dan karunia nubuat, Wahyu 19 10, I Korintus 14 : 3
3.       Nabi-nabi berfungsi :
a.       Menyempurnakan dan mendewasakan orang percaya
b.      Membawa orang percaya kedalam pelayanan
c.       Membangun (edifikasi) tubuh Kristus.
4.       Nabi-nabi mengkonfirmasikan pengutusan utusan Injil. Kisa 13 1-4 (contoh Paulus dan barnabas). Penatua lokal sebagai Nabi dan Guru terlibat dalam pelantikkan dan pengutusan pelayanan. I Tim. 4 : 14, II Tim 1 : 14.
5.       Nabi-nabi membangun, memberi semangat (exhortation), menghibur (comfort)
6.       Nabi-nabi tidaklah infallible (tak dapat salah) ucapan mereka haruslah dipertimbangkan oleh Firman Allah yang tanpa salah (I Korintus 14 : 29, Galatia 2 : 9-14). Perkataan 2 atau 3 saksi akan dibenarkan. Ulangan 19 : 15, II Korintus 13:1.
7.       Nabi-nabi haruslah merelakan rohnya dikontrol oleh Roh Kudus. Roh Kudus tidak pernah membuat Nabi berkata kontras dengan Firman Allah.
8.       Nabi-nabi diberikan karunia-karunia Roh Kudus tertentu. Tanda-tanda jawatan Nabi menurut kehendak Allah. Nabi palsu memiliki tanda-tanda palsu. Nabi-nabi memiliki visi dan mimpi. Bilangan 12 : 6-8, karunia hikmat, pengetahuan, mujizat, kesembuhan, man, membedakan Roh Nubuatan,dan tanda-tanda khusus.
9.       Nabi-nabi diurapi dalam mengkhotbahkan Firman Allah. Inrani 1 : 1-2, II Petrus 1 : 20, 21.
10.   Nabi dan Rasul adalah pletak fondasi dalam gereja. Efesus 2 : 20 - 22.
11.   Nabi-nabi Allah selamanya diikuti nabi-nabi palsu. Umat akan mengenal nabi-nabi yang benar pada pemilikan cinta akan kebenaran. II Tes. 2 : 1-12, Mat. 24:11, 24.

Pengenalan dan Pengakuan Nabi
Sangatlah penting bagi, umat Tuhan untuk mengenal dan menerima pelayanan nabi. Mat. 10 : 41,42. Seringkali nabi tidak diterima didaerahnya sendiri. Mat. 13 : 57, 23 : 19-37, Mrk. 6 :4. Kita harus percaya adanya nabi-nabi Allah supaya berhasil dalam hidup ini. II Taw 20 : 20. Dan juga jangan mengusik nabi yang diurapi Allah. Maz. 105 : 15-16. Yohanes Pembaptis adalah seorang nabi sebelum penyaliban, tetapi nanti setelah penyaliban, kebangkitan, dan pengangkatan. Ia memilih rasul-rasul sebagai fondasi gereja dan fondasi kota Allah. (Wahyu 21: 14).

Ada dua sifat nabi PL
1.       Nabi-nabi yang membimbingnya
Contohnya : Musa, Harun, Samuel, Elia, Elisa, dll. Mereka dilengkapi dengan karunia hikmat, pengetahuan, nubuatan, dll. Bimbingan diberikan melalui nabi, Imam, Urim, Visi, Mimpi, belum tersedia
2.       Nabi-nabi Visi dan penulis Akitab
Nabi-nabi visi contohnya Daniel dan Zakharia. Nabi-nabi penulis adalah : Yehezkiel, Yesaya, Yeremia, Yoel, Hosea, Amos.

Perbedaan Nabi PL dan PB
Nabi-nabi PL khusus dipakai untuk bimbingan, pengharapan, kehenak Allah bagi manusia karena Roh Kudus belum tersedia bagi setiap manusia.
Nabi-nabi khususnya dipakai untuk menyatakan atau menulis Firman Allah yang tanpa salah (II Petrus 1 : 20).

Perhatikan
Tidak ada Nabi PB yang dipakal membimbing dan mengontrol kehidupan seseorang. Mereka dipakai untuk mengkonfirmasikan apa yang telah dinyatakan. Karena orang percaya yang dipimpin oleh Roh adalah anak-anak Allah (Roma 8 : 14).
Tidak ada Nabi PB yang dipakai dalam pengurapan Firman Allah langsung tanpa salah. Seluruh nubuatan nabi-nabi harus dihukum oleh Firman Allah (Alkitab). I Kor. 14 : 19,30. Hampir seluruh PB ditulis oleh rasul-rasul.
:              -     Bimbingan datang dan Alkitab
-       Bimbingan juga oleh Roh Kudus yang mendiami kita yang seharusnya tidak pernah kontras dengan Firman.
-       Bimbingan yang dikonfirmasikan melalui macam-macam pelayanan dalam gereja termasuk nabi-nabi.

Testing Pelayanan Seorang Nabi
Oleh karena banyak nabi-nabi palsu yang muncul baik dalam PL ataupun PB, jadi perlu adanya test untuk menguji mana nabi yang benar (Matius. 24 : 11, Mikah 2 11, Wahyu 2 : 2, Mrk, 13 22).

Terdapat 7 ujian yang umum bagi nabi-nabi palsu
1.       Pengujian Roh I Yohanes 4 :1- 3
Kita harus dapat membedakan Roh kebenaran dan roh sesat. Dalam I Raja-raja 22, kita lihat ada 3 macam Roh  dalam proses nubuatan.
a.       Roh Kudus Epesus 3:5, Luk. 2:36
b.      Roh manusia Yeh. 13:1-6, Yer. 23:16
c.       Roh setan Yes. 8 19, II Pet 1-2.
2.       Test Penggenapan Kata-Kata Nubuatan (Ulangan 18 : 22)
Apakah nubuatannya digenapi atau tidak. Samuel menjadi nabi karena tidak ada nubuatannya yang tidak digenapi. Sam 3 : 19-21.
3.       Test Penyembahan (Ulangan 13 : 1-5).
Walaupun nabi itu mempunyai tanda atau penglihatan tapi, apakah nubuatan tersebut membawa orang menyembah kepada Allah atau dewa-dewa lain. Nabi-nabi yang sejati selalu membawa kita menyembah Allah yang benar.
4.       Test Doktrin (I Yoh. 4 : 1-6, I Tim. 4 : 1-3).
Semua nabi harus dicheck ajarannya apa cocok dengan Firman Allah. Mat. 24 : 11. Mat. 7 1502, yer. 14 : 16).
5.       Test Ketamakkan (Mikha 3 : 11, II Pet 2 : ) Ketamakan adalah akar dosa. Anda akan mengetahui nabi palsu dan pelayanan palsu lainnya. pada ketamakan akan uang. Mereka memperjualbelikan kepada umat Tuhan. Judas, Simon tukang sihir. Akhan, dan Ananias Sapira, jatuh karena soal uang. Hal ini menyebabkan manusia jatuh kedalam banyak pencobaan dan kehancuran. I Tim. 6.
6.       Test Pelayanan Kepada Umat (Yeremia 23 : 18-23).
Test kenabian Yeremia, apakah mereka bertobat kepada Tuhan dari dosanya atau tidak. Tanpa kesucian tidak ada yang memandang Allah. Ibrani 12 ; 7-14.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar